PENILAIAN HARIAN 4
Assalamu'alaikum wr.wb.
Profil/Biodata Guru Nama FITRIANAH Unit kerja SD Al Azhar 2 Bandar Lampung.Kelas yang d ajar :Kelas VI F Jenis kelamin : Perempuan Medsos : Instagram ( fitrianah 4621. Facebook ( fitri Ana 4721) youtube (fitri 4721)
PENILAIAN HARIAN 4
Assalamu'alaikum wr.wb.
MUATAN TEMATIK KELAS VI.F
Selamat pagi anak soleh dan soleha, semoga kita sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWT. Anak - anak sebelum mulai pembelajaran sebaiknya kita mendengarkan tausiyah dahulu, berdo'a sebelum belajar, melaksanakan sholat duha, dan muroja'ah surat-surat pendek. Tak lupa ibu mengingatkan, selalu laksanakan sholat wajib tepat pada waktunya. TETAP SEMANGAT !
- IPS KD 3.2 dan 4.2
- Bahasa Indonesia KD 3.10 dan 4.10
- PPKn KD 3.4 dan 4.4
- IPA KD 3.7 dan 4.7
- SBdP KD 3.4 dan 4.4
TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa dapat menjelaskan pengaruh persatuan dan kesatuan terhadap masyarakat sekitar
- Siswa dapat mengidentifikasi persamaan dan perbedaan cerita dengan pengalaman pribadi atau cerita lainnya
- Siswa dapat menjelaskan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang astronomi
- Siswa dapat menjelaskan modernisasi dalam bidang transportasi air dan udara
- Siswa dapat membuat patung
Sebelum mengerjakan latihan soal, kalian dapat membuka kembali materi pelajaran Tema 9 Subtema 3 dan pelajari ulang materi yang sudah kalian pelajari sebelumnya ya nak 😀
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat melakukan pengamatan data.
2. Menentukan data terkecil dan terbesar, frekuensi data terkecil dan terbesar
PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA ( KD. 3.8 )
A. PENGUMPULAN DATA
Data adalah informasi yang diperoleh dari suatu pengamatan, wawancara, penelitian yang dikumpulkan dalam bentuk angka atau lambang. . Sebelum memperoleh sebuah data, maka kita harus melakukan proses pengumpulan data. Ada beberapa cara yang biasa dilakukan untuk mendapatkan data, diantaranya melalui: penelitian, wawancara, polling/angket, penghitungan langsung. Setelah memperoleh data, biasanya data-data tersebut disajikan dalam beragam bentuk, diantaranya :
1. Menggunakan tabel
Data bisa digambarkan dengan menggunakan tabel, berikut adalah contoh tabel data nilai matematika siswa SD tunas harapan:
No | Nilai | Jumlah Siswa |
1 | 65 | 5 |
2 | 70 | 9 |
3 | 75 | 14 |
4 | 80 | 10 |
5 | 85 | 5 |
6 | 90 | 7 |
Total | 50 |
Dari tabel di atas kita bisa mengetahui :
Ada 5 siswa yang memperoleh nilai 65
Ada 9 siswa yang memperoleh nilai 70
Ada 14 siswa yang memperoleh nilai 75
Ada 10 siswa yang memperoleh nilai 80
Ada 5 siswa yang memperoleh nilai 85
Ada 7 siswa yang memperoleh nilai 90
2. Menggunakan diagram
Diagram ada beragam bentuknya mulai dari diagram batang, diagram lingkaran, diagram gambar dan diagram garis.
a. Diagram Batang
Ma Mari kita ubah data diatas ke dalam bentuk diagram batang:
b. Diagram lingkaran
Untuk membuat diagram lingkaran, kita harus mencari persentase besar sudut dari data yang di dapat.
nilai 65 = 5/50 x 3600 = 360
nilai 70 = 9/50 x 3600 = 64.80
nilai 75 = 14/50 x 3600 = 100.80
nilai 80 = 10/50 x 3600 = 720
nilai 85 = 5/50 x 3600 = 360
nilai 90 = 7/50 x 3600 = 50.40
Maka gambar diagramnya akan menjadi seperti ini:
Diagram dalam bentuk derajat ( 3600)
👇
Nilai yang diperlukan = (nilai sudut / 360 °) x nilai total
Diagram dalam bentuk persen (100 % )
👇
Nilai yang ditanyakan = (nilai persentase/100%) x nilai total
Contoh :
1.Sebuah sekolah memiliki 1.260 siswa. Di sekolah ini, siswa harus menghadiri kegiatan ekstrakurikuler. Berapa banyak siswa yang mengikuti ekskul musik? Diagram lingkaran dalam bentuk derajat (°) sebagai berikut :
Diketahui :
Total siswa = 1260 siswa
Ekskul basket = 130°
Ekskul bola = 100°
Ekskul silat = 80°
Ditanya :
Banyak siswa yang memilih ekskul musik ekstrakurikuler
Solusi :
Ekskul musik = 360 ° – (Ekskul basket + ekskul bola + ekskul silat)
= 360° – (130° – 100° – 80°)
= 360° – 310°
= 50°
Ekskul music = 50/360 x 1.260 siswa = 175 siswa
Jadi ada 175 siswa yang melakukan musik ekstrakurikuler
2. Diketahui dari data di atas, bahwa total barang dagangan yang dijual oleh pedagang adalah 300. Mencari berapa banyak item pakaian untuk anak – anak yang dijual oleh penjual pakaian?
Diketahui :
Total pakaian = 300 bagian
Pakaian remaja = 40%
Pakaian dewasa = 38%
Ditanya :
Berapa banyak baju anak yang dijual
Dijawab :
= 100% – (40% + 38%)
= 100% – 78%
= 22%
Baju anak-anak = 22/100 × 300 buah = 66 buah
Jumlah pakaian anak – anak yang dijual oleh pedagang adalah 66 buah.
c. Diagram Garis
Hampir sama seperti diagram batang hanya saja bentuknya diubah menjadi garis.