Pages - Menu

Rabu, 07 Agustus 2019

IPA, 08 Agustus 2019

KELAINAN PADA TULANG


I. Gangguan Pada Ruas-Ruas Tulang Belakang, seperti:

A. Kifosis
Ruas tulang belakang bengkok ke belakang, kifosis, ruas tulang belakang bengkok ke belakang.

B. Lordosis
Ruas-ruas tulang belakang bengkok kedepan, lordosis, ruas-ruas tulang belakang bengkok ke depan.

C. Skoliosis
Ruas-ruas tulang belakang bengkok ke samping.

II. Penyakit Yang Terdapat Pada Tulang

A. Osteoporosis
Penyakit yang sangat umum terjadi yang ditandai dengan berkurangnya kepadatan mineral pada tulang. Ini lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria. Karena kepadatan tulang yang menurun, mereka sangat rentan terhadap patah tulang. mendapat suplemen kalsium membantu melindungi tulang dan mengembalikan kepadatan tulang.

B. Arthritis
Penyakit lain yang sangat umum ditemukan pada populasi lansia. Ini adalah penyakit sendi dan banyak jenisnya. Rheumatoid arthritis adalah jenis arthritis yang bersifat autoimun karena sel-sel tubuh menghancurkan sel-sel di persendian. Jenis lain dari arthritis adalah osteoartritis yang merupakan penyakit degeneratif. Artritis menular adalah jenis arthritis yang disebabkan oleh bakteri atau virus yang ada di dalam darah dan menyerang sendi. Artritis gout (asam urat) adalah sejenis radang sendi di mana asam urat diendapkan di persendian sehingga membuatnya menjadi kondisi yang menyakitkan.

C. Spondilitis
Seperti arthritis, spondilitis juga merupakan sekelompok gangguan yang terutama mempengaruhi tulang belakang.
Osteomalacia dan Rakitis: Osteomalacia adalah manifestasi kekurangan vitamin D pada orang dewasa sementara rakitis ditemukan pada anak-anak. Kedua penyakit ini ditandai dengan berkurangnya jumlah kalsium dan fosfor dalam tulang sehingga membuatnya rapuh. Penyakit ginjal dan keturunan adalah penyebab lain dari penyakit ini.

D. Dislokasi dan fraktur
Dislokasi adalah posisi tulang yang tidak alami karena cedera atau benturan apa pun. Karena ini, tulang bergerak dari posisi semula ke yang sedikit berbeda atau mengubah angulasi. Fraktur adalah patah tulang karena cedera. Ada banyak jenis patah tulang tergantung pada gaya tabrakan, jenis tulang dan lokasi tulang.

III. Kelainan Pada Otot

A. Atrofil
Merupakan penurunan fungsi otot karena otot mengecil yang disebabkan oleh virus.

B. Hipertrofi
Otot yang berkembang menjadi besar dan kuat

C. Hermia abdominalis
Merupakan sobeknya dinding otot perut sehingga usus memasuki organ sobekan tersebut.

D. Tetanus
Merupakan otot yang mengalami kekejangan karena berkontraksi terus menerus.

E. Keseleo dan Ketegangan
Gangguan otot yang paling umum adalah keseleo dan ketegangan. Seringkali bingung satu dengan yang lain, mereka adalah gangguan yang berbeda. Keseleo terjadi karena cedera pada ligamen dan sendi terpelintir tetapi tidak ada dislokasi tulang. Mereka bisa ringan hingga berat dan bisa disertai peradangan dan rasa sakit. Kasus yang parah juga menyebabkan imobilitas bagian tubuh. Di sisi lain, ketegangan lebih ringan daripada keseleo.

F. Distrofi Otot
Merupakan penyakit genetik di mana kerusakan otot yang progresif membuat mereka lemah. Dengan penderitaan, mereka terus kehilangan kemampuan mereka untuk berjalan, membuat gerakan dengan tangan mereka dll ketika mereka menjadi tua.

G. Myasthenia gravis
Ini adalah penyakit autoimun di mana antibodi mempengaruhi saraf dan mereka kehilangan kemampuan mereka untuk menghasilkan kontraksi otot. Otot wajah dan leher paling sering terpengaruh dan dimanifestasikan dengan kelopak mata yang melorot, kelelahan umum, kesulitan dan dalam beberapa kasus ketidakmampuan untuk menelan.

H. Tetani
Gerak otot yang tidak terkontrol dikenal sebagai tetani. Ada banyak penyebab seperti kekurangan nutrisi, infeksi atau gangguan sistem saraf lain yang dapat menyebabkan tetani di otot.

Macam-macam Gangguan Pada Tulang Belakang
Berikut ini merupakan beberapa contoh kelainan pada sistem gerak tubuh manusia. Diantaranya ialah kelainan pada Jaringan otot.
Dibawah ini merupakan pengertian, fungsi dan macam-macam dari jaringan pada otot.

Jaringan otot adalah jaringan khusus yang ditemukan pada hewan yang berfungsi dengan berkontraksi, sehingga memberikan…

Macam-macam Pernapasan pada Unggas dan Pengertiannya
Artikel selanjutnya adalah mengenai macam-macam pernapasan pada unggas dan pengertiannya, dalam artikel ini akan di…

Macam-macam sendi dan contohnya
Macam –macam sendi yaitu diartosis dan sinatrosis. Sendi diartosis terdiri dari sendi peluru, sendi engsel…

Jenis Penyakit pada Otot
Jenis umum dari penyakit otot adalah gangguan neuromuskuler yang mengganggu komunikasi antara otot dan saraf…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar