Pages - Menu

Kamis, 05 September 2019

IPA,6 SEPTEMBER 2019

 CARA MERAWAT ORGAN PERNAPASAN
   PADA MANUSIA
Bernapas adalah salah satu kebutuhan vital bagi semua umat manusia didunia ini. Tanpa organ bernapas, manusia tidak akan dapat melangsungkan hidup lantaran organ pernafasan adalah salah satu komponen organ terpenting dalam tubuh. Namun, nyatanya entah bagaimana dan mengapa karena aktifitas, pola makan yang tidak sehat, serta karena pola hidup yang sangat buruk sering kali organ pernapasan manusia mengalami gangguan – gangguan yang cukup Fatal. Gangguan pada organ pernapasan biasanya akan membuat penderitanya terhambat dalam melakukan aktifitas respirasi.
Di Indonesia sendiri, gangguan – gangguan pernapasan menjadi salah satu penyebab yang keempat jumlah kematian. Tentu saja hal ini menjadi ke khawatiran tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Terlebih gangguan –gangguan pernafasan seperti asma dan ISPA kerap kali dipandang sebelah mata oleh masyarakat yang akan mengakibatkan kematian. 
        1. Menggunakan Masker
Tingkat polusi di kota – kota besar saat ini di Negara Indonesia kian hari semakin meresahkan. Buruknya kualitas udara yang kita hirup setiap hari ini dapat berdampak negatif pada kesehatan organ tubuh  pernafasan yang nantinya berisiko pada kematian. Polusi – polusi udara di perkotaan besar ternyata disumbang terbesar dari emisi gas buang kendaraan bermotor yang sangat berpotensi untuk memicu berbagai penyakit kronis. Maka dari itu disarankan bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan organ pernafasan untuk menggunakan masker mulut ketika hendak bepergian dijalanan besar. Hal ini dapat meminimalisir gas – gas beracun untuk tidak masuk kedalam organ pernafasan.
        2. Tidak Mengkonsumsi Minuman Beralkohol.
minuman beralkohol memang mempunyai dampak buruk terhadap tubuh, karena kandungannya yang berbahaya. Ya karena minum – minuman keras dapat menghambat masuknya protein yang terdapat di luar jaringan paru – paru. Dengan begitu, fungsi dari proktektif dari antioksida itu sendiri menjadi minim. Dan saat seseorang muntah akibat meminum alkohol dapat tersedak jika muntahan memblokir jalur pernafasan dan sebagian sisa residunya terhisap lagi masuk ke dalam paru – paru dan hal ini dapat berakibat fatal.
Seseorang yang sering minum – minuman keras secara terus – menerus dan menegak secara berlebihan akan mendapatkan infeksi paru – paru dan menderita kolaps pada paru – paru serta pneumonia.
        3. Konsumsi Sayur.
Tidak menjadi rahasia lagi jika sayur – sayuran adalah salah satu sumber vitamin yang baik bagi tubuh manusia. Jika Anda ingin menjaga kesehatan organ pernafasan Anda cobalan untuk memperbanyak mengkonsumsi sayur – sayuran. Hal ini karena sayur – sayuran banyak mengandung antioksidan alami yang berguna untuk menangkal radikal – radikal bebas yang memicu kerusakan organ pernafasan manusia. Tak hanya itu mineral dan vitamin – vitamin yang terdapat pada sayur –sayuran juga akan membantu Anda untuk menjaga kesehatan tubuh tanpa Anda perlu mengkonsumsi suplemen – suplemen kesehatan lainnya. Hal tersebut dinilai sangat cukup bagi tubuh untuk menangkal berbagai penyakit yang hendak masuk ke organ tubuh manusia.
        4. Melakukan Ohlaraga Rutin.
Melakukan ohlaraga rutin cukup membantu tubuh untuk menjaga kesehatan organ pernafasan. Hal itu karena pada saat tubuh melakukan kegiatan berolah raga, tubuh menggunakan lebih banyak asupan oksigen dan menghasilkan lebih banyak karbon dioksida dari biasanya hal itu karena otot – otot didalam tubuh akan bekerja lebih keras. Biasanya untuk mengatasi kebutuhan ekstra ini, tubuh akan merespon dengan bernapas lebih dalam – dalam dan lebih sesering mungkin untuk mengambil oksigen yang dibutuhkan. Kecepatan bernafas yang sangat meningkat juga turut memfasilitasi pengantaran organ pernafasan untuk mengalirkan oksigen ke dalam aliran darah, yang kemudian akan diangkut ke organ otot – otot yang ada dalam tubuh.
        5. Tidak Merokok.
Merokok adalah kegiatan yang kerap identic dilakukan oleh kaum pria, namun faktanya tidak hanya kaum pria saja biasanya kaum wanita pun juga turut melakukannya. Hal ini ternyata cukup mempengaruhi kesehatan tubuh terutama pada organ paru – paru dan pernafasan.
Ribuan toksin yang terdapat pada dalam rokok akan tertimbun di organ paru – paru dan menyebabkan kinerja organ paru – paru tidak lagi bekerja secara optimal dan mengakibatkan tubuh kekurangan oksigen. Hal tersebut dapat memicu penyakit kanker dan ISPA. Maka dari itu bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan organ pernafasan dalam tubuh sebaiknya jangan melakukan kegiatan merokok dan bagi Anda yang suka merokok sebaiknya kurang – kurangilah untuk Anda melakukan kegiatan merokok karna hal itu tidak hanya dapat membuat tubuh Anda menjadi tertimbun banyak penyakit namun juga menambah polusi udara bagi lingkungan sekitar Anda.
        6. Olahraga Renang
Renang merupakan olahraga yang baik untuk mengolah pernafasan hal ini karena saat anda berenang anda dapat meningkatkan volume darah sehingga lebih banyak oksigen – oksigen yang akan masuk kedalam paru – paru dan otot sehingga lebih efisiennya dalam pelepasan karbon dioksida. Hal ini karena saat berenang seseorang akan menggerakan seluruh badan lalu berakibat dalam seseorang yang berenang akan melatih pernafasannya seperti mengambil, menahan dan mengeluarkan napas yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan efektifitas paru – paru sehingga paru – paru bisa bekerja optimal dan sehat. Selain itu manfaat lain renang bisa meningkatkan kekuatan fisik dan fleksibilitas, stamina otot dan keseimbangan fisik kita dan menjadikan postur tubuh lebih baik, hal ini adalah obat yang efektif dan sangat cepat dalam hal penyembuhan cidera otot.
        7. Tidur yang cukup
Istirahat merupakan hal terpenting dalam kehidupan, dikarenakan istirahat merupakan rutinitas wajib dalam kehidupan dan sudah sangat alamiah. Istirahat yang sangat baik salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan tidur. Kegiatan tidur dengan durasi 6 sampai dengan 8 jam perhari sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan. Hal ini karena saat Anda melakukan kegiatan istirahat tidur, sistem kekebalan tubuh akan semakin meningkat selain itu proses – proses regenerasi sel dalam tubuh akan terjadi saat kita sedang tidur. Hal ini akan membantu Anda untuk menjaga kesehatan tubuh dan kesehatan organ tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar