Pages - Menu

Kamis, 05 Agustus 2021

Jum'at,06 Agustus 2021

 

Materi Ajar Kelas 6 E

 

Jumat, 6 Agustus 2021 


MUATAN MATEMATIKA KELAS VI.F
GURU KELAS : FITRIANAH, S. Pd.

Selamat pagi anak soleh dan soleha, semoga kita  sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWT. Anak - anak sebelum mulai pembelajaran sebaiknya kita mendengarkan tausiyah dahulu, berdo'a sebelum belajar, melaksanakan sholat duha, dan 

muroja'ah surat-surat pendek. Tak lupa ibu mengingatkan, selalu laksanakan sholat wajib tepat pada waktunya. TETAP SEMANGAT ! 


MENYELESAIKAN PERMASALAHAN SEHARI-HARI YANG BERKAITAN DENGAN BILANGAN BULAT ( SOAL CERITA )

 

TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa mampu menggunakan konsep bilangan bulat negatif dalam kehidupan sehari-hari. 

Bilangan bulat terdiri dari bilangan nol, bilangan positif dan bilangan negatif. Ada lima tahapan yang kalian harus lakukan untuk memahami cara menyelesaikan masalah sehari-hari dengan bilangan bulat. Kelima langkah tersebut adalah mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan.



Cara yang harus diperhatikan untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari adalah sebagai berikut :

1. Cermati inti cerita atau pernyataan pada permasalahan.

2. Tentukan letak atau posisi setiap bilangan pada cerita/ masalah.

3. Tentukan bahwa setiap letak bilangan pada masalah merupakan bilangan positif atau negatif.

4. Tentukan bentuk operasi bilangannya

 

Contoh 1 :

Pada suatu hari, suhu di kota Moscow 4℃. Pada hari yang sama, suhu di Antartika lebih rendah 18℃ dari kota Moscow. berapakah suhu di Antartika pada hari itu?



Penyelesaian : 

Suhu Antartika lebih rendah 18℃ dari di Moscow yang suhunya 4℃
= 4 - 18
= - 14℃

Contoh 2 :


Seekor tupai hinggap pada sebatang pohon dengan ketinggian 20 meter. Kemudian, tupai tergelincir, karena pohon dalam keadaan licin dan basah sejauh 2 meter setiap menitnya. Berapa meter ketinggian tupai setelah 5 menit?

Penyelesaian:

Posisi ketinggian tupai mula-mula adalah 20 meter.

Lintasan tupai tergelincir 2 meter setiap menit, selama 5 menit

Maka  total penurunan 2 x ( 5 : 1 )

= 20 - 2 x ( 5 : 1 )

= 20 - 2 x 5

= 20 – 10 = 10

Jadi, ketinggian tupai setelah tergelincir adalah 10 meter dari permukaan tanah.

 

Contoh 3 :

 

Seekor hiu berada 200 meter di bawah permukaan laut, puncak sebuah bukit berada 800 meter dari permukaan laut. Kalau sebuah pesawat terbang berada 2 kilometer di atas bukit, berapa kilometer selisih jarak antara pesawat dan ikan hiu ?

 

Penyelesaian :

 

Diketahui

ikan hiu = -200 meter

            tinggi puncak bukit = 800 meter

            pesawat = 2 kilometer atau 2.000 meter di atas bukit.

 

Dari informasi di atas, maka dapat diselesaikan dengan persamaan :

pesawat = 800 meter + 2.000 meter, maka hasilnya adalah 2.800 meter.

Selisih pesawat dan ikan hiu = 2.800 meter - (-200 meter) maka sama dengan 2.800 meter + 200 meter =  3.000 meter atau 3 kilometer.

 

Jadi, selisih jarak antara pesawat dan dan ikan hiu adalah tiga kilometer.

 

 Contoh 4 :

Seekor lumba-lumba sedang berenang pada kedalaman 8 meter di bawah permukaan laut. Lumba-lumba itu melompat sampai ketinggian 20 meter di atas permukaan laut. Berapa ketinggian lompatan lumba-lumba tersebut?

Penyelesaian :   
 

Bimbel Diah Jakarta Timur

Kedalaman di bawah laut kita gunakan nilai minus (-8 m), ketinggian di atas pemukaan laut bernilai positif (20 m). Untuk menghitung total ketinggian lompatan maka tinggi akhir dkurangi dengan tinggi awal.
= 20 - (-8)
= 20 + 8
= 28 m


Untuk absensi dan tugas  silahkan klik link dibawah ini
SELAMAT MENGERJAKAN TETAP SEMANGAT DAN JAGA SELALU KESEHATAN

3 komentar:

  1. Assalamualaikum wr.wb.
    Innesia Ramadani Shaka Dermawan
    6e
    Hadir

    BalasHapus
  2. Assalmualikum wr.wb
    Nama:Ricko Abid Alfarisyi
    Kls:6E
    No absen:23
    Ket:Hadir
    Terima kasih bu atas materi nya hari ini

    BalasHapus
  3. Asalamualaikum bu
    Nama:M.Raffa Aditya Setiawan
    Kelas:6E
    absen: 14
    Hadir
    terimakasih atas materinya🙏

    BalasHapus