Pages - Menu

Selasa, 15 Februari 2022

Rabu,16 Februari 2022


         

MUATAN TEMATIK & MATEMATIKA VI.E

GURU KELAS : FITRIANAH, S.Pd.

Assalamualaikum... good morning everyone, I hope we are fine today, before start our lesson don't forget to pray Dhuha, muroja'ah and watch the Tausiyah. Let's open our class with say Basmallah


ABSENSI HARIAN


MUATAN MATEMATIKA 

Tujuan pembelajaran hari ini adalah : 

  1. Peserta Didik mampu memahami pengolahan data. 
  2. Peserta Didik mampu menjelaskan penyajian data tunggal dan kelompok.
  3. Peserta Didik mampu mengidentifikasi masalah yang berkaitan pengolahan data. 
  4. Peserta Didik mampu menyelesaikan masalah pengolahan data. 


PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA ( KD. 3.8 )

A. PENGUMPULAN DATA

Data adalah informasi yang diperoleh dari suatu pengamatan, wawancara,  penelitian yang dikumpulkan dalam  bentuk angka atau lambang. . 

Sebelum memperoleh sebuah data, maka kita harus melakukan proses pengumpulan data. Ada beberapa cara yang biasa dilakukan untuk mendapatkan data, diantaranya melalui: penelitian, wawancara, polling/angket, penghitungan langsung. Setelah memperoleh data, biasanya data-data tersebut disajikan dalam beragam bentuk, diantaranya :

1. Menggunakan tabel

Data bisa digambarkan dengan menggunakan tabel, berikut adalah contoh tabel data nilai matematika siswa SD tunas harapan:

Dari tabel di atas kita bisa mengetahui :

Ada 5 siswa yang memperoleh nilai 65

Ada 9 siswa yang memperoleh nilai 70

Ada 14 siswa yang memperoleh nilai 75

Ada 10 siswa yang memperoleh nilai 80

Ada 5 siswa yang memperoleh nilai 85

Ada 7 siswa yang memperoleh nilai 90


2. Menggunakan diagram

Diagram ada beragam bentuknya mulai dari diagram batang, diagram lingkaran, diagram gambar dan diagram garis.

a. Diagram Batang

Mari kita ubah data diatas ke dalam bentuk diagram batang:


b. Diagram lingkaran

Untuk membuat diagram lingkaran, kita harus mencari persentase besar sudut dari data yang di dapat.

nilai 65 = 5/50 x 360 = 36

nilai 70 = 9/50 x 360 = 64,8

nilai 75 = 14/50 x 360 = 100,8

nilai 80 = 10/50 x 360 = 72

nilai 85 = 5/50 x 360 = 36

nilai 90 = 7/50 x 360 = 50,4

Maka gambar diagramnya akan menjadi seperti ini:

Diagram dalam bentuk derajat ( 360°)

👇

Nilai yang diperlukan = (nilai sudut / 360°) x nilai total

Diagram dalam bentuk persen (100 % )

👇

Nilai yang ditanyakan = (nilai persentase/100%) x nilai total


Contoh :

1.Sebuah sekolah memiliki 1.260 siswa. Di sekolah ini, siswa harus menghadiri kegiatan ekstrakurikuler. Berapa banyak siswa yang mengikuti ekskul musik? Diagram lingkaran dalam bentuk derajat (°) sebagai berikut :

Diketahui :

Total siswa = 1260 siswa

Ekskul basket = 130°

Ekskul bola = 100°

Ekskul silat = 80°

Ditanya :

Banyak siswa yang memilih ekskul musik ekstrakurikuler

Solusi :

Ekskul musik 

= 360 ° – (Ekskul basket + ekskul bola + ekskul silat)

= 360° – (130° – 100° – 80°)

= 360° – 310°

= 50°

Ekskul music = 50/360 x 1.260 siswa  = 175 siswa

Jadi ada 175 siswa yang melakukan musik ekstrakurikuler


2. Diketahui dari data di atas, bahwa total barang dagangan yang dijual oleh pedagang adalah 300. Mencari berapa banyak item pakaian untuk anak – anak yang dijual oleh penjual pakaian?

Diketahui :

Total pakaian = 300 bagian

Pakaian remaja = 40%

Pakaian dewasa = 38%

Ditanya :

Berapa banyak baju anak yang dijual

Dijawab :

= 100% – (40% + 38%)

= 100% – 78%

= 22%

Baju anak-anak   = 22/100 × 300 buah  =  66 buah

Jumlah pakaian anak – anak yang dijual oleh pedagang adalah 66 buah.


c. Diagram Garis

Hampir sama seperti diagram batang hanya saja bentuknya diubah menjadi garis.



TUGAS 

1. Hasil ulangan IPA kelas VI SD SUKSES adalah sebagai berikut.
        6, 8, 6, 5, 6, 8, 6, 8, 7, 5,
        7, 8, 9, 9, 8, 7, 9, 7, 8, 9,
        8, 8, 8, 8, 9, 6, 7, 5, 6, 5,
        9, 7, 7, 6, 7, 7, 5, 7, 8, 7.
    Sajikanlah data tersebut dalam bentuk tabel!

2.    Data hasil penjualan  sepeda motor pada semester II tahun  ini adalah: Juli terjual 28 unit, Agustus terjual 24 unit, September terjual 30 unit, Oktober terjual 20 unit, Nopember terjual 25 unit, dan Desember terjual 30 unit. Sajikanlah data tersebut dalam bentuk diagram batang!

3. Jenis makanan yang digemari  Peserta Didik  kelas VI SD  MADA adalah: 18  Peserta Didik gemar bakso,  8 Peserta Didik  gemar mie ayam, 10 anak gemar soto, dan  4 Peserta Didik gemar sate. Sajikanlah data tersebut dalam bentuk diagram lingkaran dengan ukuran persen!

NOTE: untuk tugas matematika ibu guru tunggu sampai jam 10.00 WIB ya Nak!


MUATAN TEMATIK

PENILAIAN HARIAN 3
TEMA 8

Assalamu'alaikum wr.wb.

Semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan selalu dalam lingdungan-Nya. 

Sebelum Memulai mengerjakan Soal PENILAIAN HARIAN  ada beberapa hal yang harus anak-anak perhatikan: 

  1. Setiap siswa hanya boleh 1 kali mengerjakan  dari setiap soal yang diberikan, apabila ditemukan ada siswa yang mencoba mengerjakan 2 kali maka akan diberikan hukuman (Hukuman dapat berupa pengurangan nilai dan pembatalan PH)
  2. Kerjakan setiap soal tepat waktu (Sesuai dengan jadwal Pelajaran), apabila sangat terpaksa tidak bisa mengerjakan soal sesuai jadwal silahkan konfirmasi kepada guru yan bersangkutan
  3. Dokumentasikan saat siswa mengerjakan soal (Foto siswa saat mengerjakan soal atau screenshoot setelah mengirim jawaban sebagai bukti bahwa siswa telah mengerjakan soal)
  4. Sebelum mengerjakan soal jangan lupa Berdo'a terlebih dahulu agar diberikan kemudahan dan kelancaran saat mengerjakan soal.

Berikut Link untuk Pengerjaan PENILAIAN HARIAN TEMA 8

Kerjakan Soal dengan sebaik mungkin agar memperoleh nilai yang maksimal. Kerjakan dengan jujur dan teliti !!!

Batas Pengerjaan Soal sampai pukul 11.30 WIB

Selamat Mengerjakan !!!




SEMANGAT!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar