Posted by : FITRIANAH Rabu, 11 September 2019

Pengertian Iklan dan unsur unsurnya.

Iklan merupakan berita atau pesan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang sedang ditawarkan. 

Iklan seringkali dipasang di media massa, antara lain koran, majalah, televisi, radio, dan papan pengumuman. Pada umumnya, ruang iklan dalam media massa dibatasi oleh tempat yang digunakan untuk iklan di media cetak atau durasi yang digunakan untuk iklan di media digital. Karena keterbatasan tempat dan durasi maka pilihan kata menjadi faktor yang perlu diperhatikan dalam penyusunan iklan agar tidak terbuang percuma atau mubazir tempat atau durasi.

Jenis iklan berdasarkan sifatnya, terdiri dari iklan niaga dan iklan layanan masyarakat. Iklan niaga merupakan jenis iklan yang dibuat untuk mempengaruhi khalayak agar tertarik untuk membeli, memiliki, dan menggunakan produk yang ditawarkan oleh pemasang iklan. Iklan layanan masyarakat merupakan jenis iklan yang dibuat untuk menarik perhatian masyarakat agar memiliki rasa simpati atau memberikan dukungannya terhadap hal yang sedang diiklankan.

Unsur – unsur iklan

Unsur –unsur yang terkandung dalam iklan terbagi menjadi dua, yaitu kalimat deskriptif dan kalimat persuasif. Kalimat deskriptif merupakan deskripsi dalam iklan yang berfungsi untuk menguraikan spesifikasi produk atau layanan yang akan diiklankan. Kalimat persuasif merupakan persuasi dalam iklan yang berfungsi untuk mengajak atau membujuk orang untuk memakai suatu produk atau layanan yang sedang diiklankan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © FITRIANAH - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -